Festival Film Pendek Surabaya Mulai Digelar Minggu Ini

Artikel Festival Film Pendek Surabaya Mulai Digelar Minggu Ini di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Wali Kota Surabaya membuka Workshop dan Festival Film Pendek Surabaya (FFPS) 2022. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah nonton bareng (nobar) film Jack, Minggu (14/8), di XXI Tunjungan Plaza.

Film tersebut merupakan karya sineas Kota Pahlawan yang juga mengambil latar tempat, waktu, kejadian, maupun suasana, di Kota Surabaya. Menurut Eri, hal tersebut sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk memberikan dukungan, sekaligus menciptakan para sineas muda dan berbakat di Kota Pahlawan.

”Lomba film pendek tersebut ditujukan bagi para pelajar hingga mahasiswa Kota Surabaya. Surabaya memiliki talenta yang sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan film yang sudah menembus di tingkat nasional, yang disutradarai dan dimainkan warga Surabaya. Hari ini, saya yakin anak-anak muda Suroboyo, bisa mengembangkan industri kreatif, khususnya dunia perfilman,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurut dia, Pemkot Surabaya membuka peluang untuk perkembangan industri kreatif, serta mengembangkan potensi dari para anak-anak muda. Termasuk dengan FFPS 2022. Kegiatan tersebut menjadi tanda kebangkitan dunia perfilman di Kota Surabaya.

”Sebetulnya kita punya banyak potensi yang sangat luar biasa. Arek-Arek Suroboyo harus bisa berkreasi dan mengembangkan inovasinya. Maka, tugas kita adalah memberikan fasilitas dan mendorong anak-anak muda ini bertaraf internasional,” ungkap Eri.

Sebab, menurut dia, keberhasilan Pemkot Surabaya adalah ketika bisa mengangkat potensi dan memberikan peluang besar bagi anak-anak muda di Kota Pahlawan. Dia berharap, melalui film Jack yang diproduksi pada Tahun 2019 bisa menjadi pemantik untuk para sineas muda di Kota Surabaya.

”Tahun ini kita harus bisa membuat film yang mengenalkan Surabaya, karena banyak tempat menarik di Surabaya. Seperti, Tunjungan Romansa, Wisata Perahu Air Kalimas, dan banyak tempat heritage. Ini yang harus kita angkat dan kita tunjukkan, Surabaya tidak pernah berhenti kreasi,” ujar Eri.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Farah Andita Ramdhani mengatakan, FFPS Tahun 2022 berupa pembuatan film pendek tingkat pelajar sampai mahasiswa untuk menggali talenta anak muda asli Surabaya. Serta menghidupkan industri kreatif di sektor film, karena film adalah salah satu subsektor yang bisa menarik subsektor lainnya di industri kreatif.

”Misalnya, dari sebuah film, kita bisa mempromosikan fashion, kriya, kuliner, dan yang paling utama adalah mempromosikan destinasi wisata di Surabaya,” kata Farah.

Selain pembuatan karya film pendek, Disbudporapar juga menggelar berbagai workshop dan mentoring bagi para peserta. Yakni, pembekalan bagi pelajar dan mahasiswa dari mentor nasional dan pendampingan dari komunitas film di Kota Surabaya.

Farah menerangkan, lima film terbaik itu akan ditayangkan pada November. Sebab, FFPS Tahun 2022 bertema perjuangan.

”Bisa mengisahkan tentang perjuangan apapun yang relevan dengan realita saat ini. Rencana awarding itu akan dihadiri Wali Kota Eri Cahyadi. Tata cara pendaftarannya masyarakat bisa memantau instagram @surabayasparkling,” terang Farah.

Terimakasih sudah membaca artikel Festival Film Pendek Surabaya Mulai Digelar Minggu Ini Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.