Frustasi dengan Karyawan Neuralink, Elon Musk Bidik Investasi ke Synchron Inc untuk Teknologi Implan Otak

Artikel Frustasi dengan Karyawan Neuralink, Elon Musk Bidik Investasi ke Synchron Inc untuk Teknologi Implan Otak di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Elon Musk telah mendekati pengembang implan chip otak, Synchron Inc. (foto: dok. neuralink)

JAKARTA - Elon Musk telah mendekati pengembang implan chip otak, Synchron Inc, untuk investasi potensial karena perusahaannya sendiri, Neuralink, tengah mengejar ketinggalan dalam perlombaan untuk menghubungkan otak manusia secara langsung ke mesin.

Musk menghubungi pendiri dan kepala eksekutif Synchron, Thomas Oxley, dalam beberapa pekan terakhir untuk membahas kemungkinan kesepakatan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, kepada Reuters. Tidak jelas apakah ada transaksi yang melibatkan ikatan atau kolaborasi antara Synchron dan Neuralink.

“Synchron, yang berbasis di wilayah Brooklyn, New York City, berada di depan Neuralink dalam proses untuk memenangkan izin peraturan untuk perangkatnya,” kata sumber tersebut, seperti dikutip Reuters. Belum diputuskan apakah mereka akan menerima investasi dan tidak ada kesepakatan pasti, sumber itu menambahkan. Sumber ini secara khusus meminta anonimitas karena masalah ini bersifat rahasia.

Perwakilan untuk Musk dan Neuralink tidak menanggapi permintaan komentar. Seorang juru bicara Synchron juga menolak berkomentar.

Pendekatan itu dilakukan setelah Musk, yang juga kepala eksekutif pembuat mobil listrik Tesla Inc  dan pemilik pengembang roket SpaceX, menyatakan frustrasi kepada karyawan Neuralink atas kemajuan mereka yang lambat. Rasa frustrasi itu tidak tersampaikan kepada Oxley ketika Musk mengulurkan tangan kepadanya.

Tidak jelas di mana Neuralink berdiri dalam penerapannya dengan Food and Drug Administration (FDA) AS untuk memulai uji coba pada manusia. Seorang juru bicara FDA tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Musk mengatakan dalam presentasi publik 2019 menyatakan bahwa Neuralink, yang ia luncurkan pada 2016, bertujuan untuk menerima persetujuan peraturan pada akhir 2020. Dia kemudian mengatakan pada konferensi Wall Street Journal pada akhir 2021 bahwa ia berharap untuk memulai uji coba ke manusia tahun ini.

Didirikan pada tahun 2016, Synchron telah mengembangkan implan otak yang tidak memerlukan pemotongan tengkorak untuk memasangnya, tidak seperti produk Neuralink. Tujuannya adalah untuk membantu pasien lumpuh mengoperasikan perangkat digital dengan pikiran mereka sendiri.

Synchron melewati tonggak utama bulan lalu dengan menanamkan perangkatnya pada pasien di Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Ini menerima izin FDA untuk uji coba manusia pada tahun 2021 dan telah menyelesaikan studi pada empat orang di Australia.

Synchron memiliki sekitar 60 karyawan dan sejauh ini telah mengumpulkan sekitar 65 juta dolar AS dari investor, menurut perusahaan riset pasar Pitchbook.

Neuralink lebih besar, dengan 300 karyawan dibagi antara San Francisco dan Austin, Texas. Mereka telah mengumpulkan 363 juta dolar AS dari investor sejauh ini, menurut Pitchbook.

Hanya dua dari delapan pendiri Neuralink yang tersisa di perusahaan di antaranya Musk dan insinyur implan Dongjin "DJ" Seo, yang memiliki peran kepemimpinan. Max Hodak, yang mengundurkan diri sebagai Presiden Neuralink tahun lalu, sekarang menjadi investor di Synchron.

Musk telah mendekati pesaing Neuralink di masa lalu. Pada tahun 2020, ia mengadakan diskusi dengan perusahaan teknologi otak Paradromics Inc, menurut tiga orang yang mengetahui masalah tersebut. Musk kemudian meninggalkan pembicaraan itu.

Terimakasih sudah membaca artikel Frustasi dengan Karyawan Neuralink, Elon Musk Bidik Investasi ke Synchron Inc untuk Teknologi Implan Otak Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.