Inspiratif, Bocah SD Asal Gresik Ini Suka Berbagi Sayur Organik

Artikel Inspiratif, Bocah SD Asal Gresik Ini Suka Berbagi Sayur Organik di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Jika biasanya rumah-rumah di kompleks perumahan sangat jarang tanaman, berbeda halnya dengan rumah Rastiti Puji Pratiwi. Rumah di Puri Safira Regency, Menganti, tersebut terlihat hijau.

Begitu masuk halaman rumah, terlihat satu lahan berukuran 5 x 6 meter dipenuhi ratusan tanaman dari berbagai jenis sayuran. Di sanalah setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, Rasti merawat tanaman-tanaman itu.

Dari kecintaannya terhadap tanaman, bocah kelahiran 2012 itu ingin tak ada kandungan kimia di makanan yang dia makan. Lantas, dirinya memanfaatkan bahan-bahan organik untuk membuat kompos. Mulai sisa sayur di dapur, daun-daun kering, hingga mendapat setoran daun kering dari tukang sapu kompleks. Maklum, tukang sapu kompleks sudah hafal yang diinginkan Rasti.

Bahan organik itu pun diolah menjadi kompos. Setelah jadi, dia gunakan pada tanaman baru atau dibagikan ke masyarakat. Sudah berupa kemasan siap pakai. Hasilnya pun cukup menggembirakan. Tanaman Rasti terlihat hijau dan segar. Ada seledri, tomat, kacang panjang, cabai, gambas, terong, bayam, jeruk, hingga belimbing.

’’Memang sangat suka makan sayur juga. Terus juga suka sama tanaman, enak dilihat mata,” tutur anak tunggal itu.

Saat ini, Rasti sudah memiliki 1.700 polybag yang ditanami beragam tanaman. Tapi, yang ada di halaman rumahnya tinggal ratusan saja. Mengingat, tanaman lainnya sudah dibagi-bagikan ke puskesmas. Bocah 10 tahun itu ingin tanamannya bermanfaat untuk banyak orang. Apalagi, dengan pupuk organik, tanaman memiliki nutrisi yang lebih baik. ’’Bibit kebanyakan dibuat sendiri,” ungkapnya.

Selain polybag, Rasti memanfaatkan botol-botol bekas minuman untuk media tanam. Terlihat botol-botol bergelantungan di setiap sisi pagar rumah itu. Ada sekitar 125 botol plastik yang dia gunakan untuk menanam.

Uniknya, setiap ada orang yang bertamu ke rumah Rasti, tanaman sayur atau hasilnya diberikan oleh Rasti sebagai oleh-oleh. Kadang diberi tanaman atau manisan tomat. Minuman dari rempah-rempah buatan Rasti yang sudah dikemas dalam botol. ’’Ini untuk oleh-oleh tamu, belum diperjualbelikan,” pungkasnya. 

Terimakasih sudah membaca artikel Inspiratif, Bocah SD Asal Gresik Ini Suka Berbagi Sayur Organik Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.