Kalangan Pakar dan Akademisi Soroti Kinerja dan Relawan Puan

Artikel Kalangan Pakar dan Akademisi Soroti Kinerja dan Relawan Puan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Sejumlah kalangan pengamat dan akademisi menyoroti langkah PDIP dalam menyiapkan Puan Maharani menjadi capres 2024. Ketua DPR RI itu kini lebih sering turun ke sejumlah dapil untuk menyerap aspirasi rakyat.

Alvin menjelaskan, meski sudah mendekati pemilu 2024, namun Puan lebih memilih untuk konsisten menjalankan tugas-tugasnya sebagai anggota DPR, baik dari legislasi, pengawasan, hingga terkait anggaran program-program Pemerintah.

“Tentunya ini memberikan pesan yang baik bagi para legislator lainnya bahwa urusan rakyat harus didahulukan daripada urusan politis,” sebut Alvin.

Alvin mencontohkan bagaimana para tokoh dunia mengapresiasi keberhasilan Puan menghelat sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang merupakan forum parlemen internasional bergengsi. Ide dan gagasan Puan di forum dunia banyak diapresiasi.

“Puan juga berhasil merealisasikan pengesahan Undang-undang (UU) Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) yang sudah lama sekali diperjuangkan oleh berbagai elemen masyarakat,” ujar Pengajar pada Prodi Distance Learning UMN tersebut.

Alvin pun menyoroti bagaimana Puan sering sekali menyerap aspirasi rakyat sampai ke pelosok negeri. Bahkan Puan tak segan duduk meriung bersama dengan para petani, pedagang pasar, hingga pemulung untuk mendengarkan kegelisahan dan harapan mereka.

“Maka tidak heran kalau hari ini banyak dukungan datang untuk Puan karena dedikasinya yang berfokus untuk mengemban amanah sebagai wakil rakyat,” tutur lulusan master University of Leicester Inggris itu.

“Langkah Puan berimplikasi besar dan melahirkan banyak dukungan dari elemen masyarakat,” pungkas Alvin.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, munculnya relawan yang mendukung Puan Maharani maju calon presiden (capres) 2024 di sejumlah daerah, menunjukan sinyal kuat PDI Perjuangan (PDIP) bakal mengusung Ketua DPR itu berkontestasi di pilpres.

Ujang menjelaskan, selain munculnya relawan tersebut sebelumnya telah ada indikasi kuat bahwa memang Puan bakal didorong dalam kontestasi pilpres 2024.

Meskipun, pada akhirnya keputusan siapa yang akan diusung PDIP sebagai capres ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Munculnya relawan-realawan ini di banyak daerah bisa jadi memang itu bagian dari keseriusan skema atau formula PDIP yang bisa saja mengusung Puan sebagai capres,” kata Ujang.

Terkait siapa yang akan menjadi cawapres pendamping Puan, Ujang menyebut hal itu juga merupakan ranah ketua umum.

Ujang menilai, Megawati pasti memiliki kalkulasi yang matang siapa yang akan diusung PDIP.

Namun, yang pasti menurutnya kehadiran relawan tersebut menjadi sinyal kuat Puan didorong sebagai capres dari PDIP.

“Tentu PDIP sudah punya pengalaman dengan persoalan pencapresan dan PDIP juga punya kalkulasi sendiri terkait dengan siapa yang akan diusung sebagai capres,” ujarnya.

“Tetapi indikasi-indikasi terkait akan majunya Puan sebagai capres itu keliahatnnya semakib terang benderang,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, relawan Puan Maharani untuk Pilpres 2024 telah terbentuk di Sumatra Utara, Jawa Timur, di Banten, hingga di Jawa Barat.

Terimakasih sudah membaca artikel Kalangan Pakar dan Akademisi Soroti Kinerja dan Relawan Puan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.