MPR Ingatkan Warga Perbatasan Harus Memiliki Ideologi Pancasila

Artikel MPR Ingatkan Warga Perbatasan Harus Memiliki Ideologi Pancasila di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR Ri Ahmad Muzani menyatakan, pentingnya penguatan Pancasila terhadap setiap individu masyarakat di Indonesia. Menurut Muzani, Pancasila adalah suatu kesepakatan yang sudah final diputuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan Muzani saat menghadiri acara sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Rabu (24/8).

“Sekarang Pancasila sudah final. Mengganti Pancasila akan berhadapn dengan orang-orang seluruh Indonesia, termasuk akan berhadapan dengan seluruh warga Sambas. Setiap upaya mengganti Pancaisla itu akan berhadapan dengan masyarakat Indonesia dari Aceh sampai Papua,” kata Muzani dalam keterangannya.

Muzani menjelaskan, tugas MPR adalah untuk memastikan kehidupan berbangsa dan bernegara tetap pada jalur ideologi negara. Karena Pancasila sebagai ideologi negara telah menjadikan Indonesia kuat dan menjadi bangsa yang merdeka.

“Kita baru saja merayakan 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Ikrar proklamasi kita adalah kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaannya. Artinya kita sudah berhasil melepas diri dari semua belenggu penjajahan, termasuk produk-produk sistem bernegara di dalam. Kita mengatur diri kita sendiri dalam membangun bangsa dan negara kita,” ujar Sekjen Partai Gerindra itu.

“Pancasila telah berhasil menjadikan bangsa Indonesia yang beragam menjadi bersatu. Itu yang menjadikan kita kuat, kita diikat oleh kesepakatan para pendiri bangsa kita. Pancasila menyatukan perbedaan,” tambah Muzani.

Muzani tak memungkiri, Kabupaten Sambas memiliki bahasa lokal, tetapi bahasa nasionalnya adalah bahasa Indonesia. Begitu pula dengan Aceh, Batak dan Papua yang bahasa nasionalnya menggunakan bahasa Indonesia.

Terlebih, wilayah Sambas berbatasan langsung dengan Malaysia. Sebagai wilayah perbatasan, Muzani menekankan masyarakatnya harus sehat, makmur dan memiliki ideologi yang kuat.

“Pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus erat bersinergi dalam pembangunan daerah perbatasan seperti Kabupaten Sambas dan ditujukan untuk penguatan masyarakat Kabupaten Sambas sekaligus memperkuat pertahanan negara. Karena masyarakat perbatasan adalah ujung tombak pertahanan negara,” pungkas Muzani.

Terimakasih sudah membaca artikel MPR Ingatkan Warga Perbatasan Harus Memiliki Ideologi Pancasila Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.