Uji Petik Pengurus dan Anggota Parpol Dimulai Hari Ini

Artikel Uji Petik Pengurus dan Anggota Parpol Dimulai Hari Ini di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Hari ini (17/8) Bawaslu Kota Surabaya melaksanakan uji petik. Petugas akan turun mengecek keanggotaan dan kepengurusan partai politik (parpol) yang sudah diinput dalam sistem informasi partai politik (sipol).

Ketua Bawaslu Kota Surabaya M. Agil Akbar menyampaikan, uji petik merupakan bagian dari verifikasi administrasi (vermin) setelah parpol tuntas mendaftar di KPU pusat. Tahapan berikutnya adalah melakukan verifikasi administrasi atas anggota dan pengurus parpol. ”Ini bagian dari fungsi pengawasan Bawaslu,” ujar Agil.

Dalam uji petik, Bawaslu bakal mengecek dokumen administrasi. Misalnya, nama dalam KTP dan nomor induk kependudukan (NIK). Data yang dimasukkan sesuai dengan sipol atau tidak. Selanjutnya, data tersebut dikomparasikan dengan data sipol. Sebab, itulah bagian dari keterpenuhan syarat sebagai anggota atau pengurus parpol. ”Apakah data administrasi sesuai atau tidak,” katanya.

Vermin juga dilakukan untuk mencegah terjadinya keanggotaan ganda, bahkan kepengurusan ganda, dalam parpol. Menurut Agil, sangat mungkin satu orang terdaftar di lebih dari satu parpol. Baik terdaftar sebagai anggota maupun pengurus partai. Kondisi itu juga terjadi di beberapa kabupaten/kota. ”Itu bisa terjadi bukan atas kehendak personal, tapi namanya memang dicatut parpol,” jelasnya.

Jika petugas menemukan keanggotaan ganda dan data yang tidak sesuai, yang didaftarkan tidak memenuhi syarat sebagai anggota atau pengurus partai. Bawaslu pun akan melayangkan saran perbaikan kepada KPU. ”Karena keanggotaannya tidak memenuhi syarat,” tegasnya.

Selain vermin, Bawaslu bakal ikut melakukan verifikasi faktual pada 15 Oktober sampai 4 November 2022. Verifikasi faktual jauh lebih ketat. Setiap angsgota partai yang datanya masuk sipol akan didatangi untuk ditanyakan seputar partai yang diikuti.

Terimakasih sudah membaca artikel Uji Petik Pengurus dan Anggota Parpol Dimulai Hari Ini Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.