Anies Bacakan Puisi Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan Karya W.S. Rendra

Artikel Anies Bacakan Puisi Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan Karya W.S. Rendra di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut memeriahkan pergelaran perdana kesenian di Gedung Graha Bhakti, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Dia tampil di atas panggung bersama dengan pemusik yang mengiringi.

Disaksikan ratusan orang dalam keadaan ruangan yang gelap, Anies disoroti lampu khusus sambil membacakan puisi karangan sastrawan legendaris W.S. Rendra yang berjudul Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan.

Rakyat adalah sumber kedaulatan

Kekuasaan tanpa rakyat adalah benalu tanpa karisma

Rakyat adalah bumi

Politik dan kebudayaan adalah udara

Bumi tanpa udara adalah bumi tanpa kehidupan

Udara tanpa bumi adalah angkasa hampa belaka

Bumi tanpa udara adalah bumi tanpa kehidupan

Udara tanpa bumi adalah angkasa hampa belaka

Wakil rakyat bukanlah abdi kekuasaan

Wakil rakyat adalah abdi para petani, para kuli, para nelayan, dan para pekerja dari seluruh lapisan kehidupan

Wakil rakyat adalah wakil dari sumber kehidupan.

Setelah membacakan puisi tersebut dengan lantang dan lugas, ketika lampu sorot mulai meredup di atas panggung. Tanpa aba-aba, tepuk tangan penonton membahana di seluruh penjuru ruangan.

Anies menyampaikan alasan memilih untuk membawakan puisi dari almarhum W.S. Rendra karena mengagumi sosok sastrawan masyhur tersebut.

”W.S Rendra orang yang sangat kontemplatif, membaca suasana dan W.S. Rendra hidup dengan sulit untuk perubahan untuk kemajuan,” ujarnya kepada wartawan di kawasan TIM yang baru selesai direvitalisasi, Jumat (23/9).

Selain itu, alasan puisi Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan dipilih ditampilkan di pergelaran perdana di Gedung Graha Bhakti juga adalah sekaligus untuk mengingatkan dirinya bahwa semua yang dilakukannya di pemerintahan adalah amanat dari rakyat.

”Kita semua yang berada di sini telah bergerak sebagai orang yang mewakili rakyat. Uang yang kita kelola adalah amanah rakyat. Seluruh kegiatan yang kita buat adalah bagian menjalankan amanat dari rakyat,” tegas Anies.

Terimakasih sudah membaca artikel Anies Bacakan Puisi Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan Karya W.S. Rendra Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.