Bandara Juanda Kembali Latih Kesigapan Petugas dengan ARFF Challenge

Artikel Bandara Juanda Kembali Latih Kesigapan Petugas dengan ARFF Challenge di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Tidak hanya kuat fisik, petugas airport rescue and fire fighting (ARFF) juga dituntut kompak. Terlebih saat ada insiden di bandara. Untuk menguji kemampuan tersebut, Bandara Internasional Juanda mengadakan ARFF Challenge.

ARFF Challenge adalah kegiatan tahunan. Sayangnya, dua tahun lalu kegiatan itu ditiadakan akibat pandemi Covid-19. ARFF Challenge bukan hanya ajang untuk mencari juara, tetapi juga untuk evaluasi kesigapan petugas di lapangan.

Ada empat tantangan yang diberikan kepada setiap regu. Mulai menggelar slang seberat 15 kilogram hingga evakuasi korban. Tahun ini simulasinya mengevakuasi korban dari gedung. ”Ini melatih disiplin dan kekompakan personel,” ujar General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar Kamis (1/9).

Tantangan yang diberikan memang berat. Personel tidak hanya dituntut paham risiko saat tindakan penyelamatan. Mereka juga wajib kuat fisik. Saat itu ban besar harus digeser petugas sampai finis.

Bukan dengan tangan, melainkan dipukul dengan palu. ”Ketika terjadi accident pesawat, tim ini yang kali pertama turun. Terutama untuk evakuasi jika terjadi kebakaran pesawat. Karena itu, tim ini harus kuat dan solid,” jelasnya.

Sisyani menjelaskan, event tahunan itu juga diselenggarakan untuk mencari tim terbaik. Tim tersebut bakal diikutkan lomba ARFF Challenge antar-bandara cabang Angkasa Pura I.

Manajer ARFF Gusti Eka Budi menyatakan, rintangan yang diberikan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Ada empat regu yang bertanding dalam event tersebut. Regu terbaik berhasil menyelesaikan tantangan dalam waktu 20 menit. ”Kami memiliki 78 personel dan harus siap 24 jam,” terangnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Bandara Juanda Kembali Latih Kesigapan Petugas dengan ARFF Challenge Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.