Berbiaya Rp 5,5 Juta, Mahasiswa Surabaya Ciptakan Meja Kerja Canggih

Artikel Berbiaya Rp 5,5 Juta, Mahasiswa Surabaya Ciptakan Meja Kerja Canggih di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Keamanan dokumen-dokumen berharga tentu sangatlah penting. Nah, Yonathan Christiaji Pratama, memiliki salah satu alternatif solusi untuk pengamanan itu. Yakni, membuat meja kerja dengan teknologi radio frequency identification (RFID).

Mahasiswa S-1 Program Studi (Prodi) Desain Produk Universitas Dinamika (Undika) itu telah mendesain meja minimalis untuk para pekerja dengan dilengkapi teknologi RFID. Perangkat itu terdiri atas meja utama dan meja pendamping.

“Belajar dari kejadian kehilangan laptop dan uang di loker meja kantor masih sering terjadi. Karena itu harus diantisipasi dengan pemanfaatan teknologi RFID,” katanya.

Dia menjelaskan, RFID adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Yonathan menuturkan, desain meja yang dibuat memiliki tinggi 75 sentimeter, panjang 1,5 meter, dan lebar 70 sentimeter. Bahan yang digunakan adalah playwood dan alumunium. Finishing menggunakan kayu HPL. “Jadi, untuk menggunakan meja tersebut, pemilik bisa langsung menempelkan RFID ke loker yang sudah dipasang teknologi tersebut,” ujarnya.

Proses pembuatan inovasi itu butuh waktu kurang lebih tiga bulan. Meja yang dibuat lebih minimalis dan multifungsi. “Dana yang dihabiskan hingga pemasangan RFID sekitar Rp 5,5 juta,” imbuhnya.

Hardman Budiarjo, dosen pembimbing, mengatakan, inovasi meja dengan teknologi RFID tersebut layak diproduksi. Sebab, sesuai dengan kebutuhan pasar. Pemanfaatan teknologi RFID yang diaplikasikan pada meja dapat memenuhi unsur keamanan dalam menyimpan dokumen penting.

“Perkembangan industri saat ini, dokumen dalam bentuk softcopy sangat rawan terhadap hacker. Jadi, dokumen hardcopy masih sangat penting,” katanya.

Terimakasih sudah membaca artikel Berbiaya Rp 5,5 Juta, Mahasiswa Surabaya Ciptakan Meja Kerja Canggih Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.