Di Acara Puncak MHT Awards 2022 Anies Baswedan Ingatkan Wartawan untuk Tidak Berpihak, Kecuali ....

Artikel Di Acara Puncak MHT Awards 2022 Anies Baswedan Ingatkan Wartawan untuk Tidak Berpihak, Kecuali .... di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Anies Baswedan menyerahkan pengahrgaan kepada para pemenang dan nomine MHT Awards 2022. (Foto PWI Jaya)

JAKARATA - Pada puncak acara MHT Awards 2022 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengingatkan wartawan untuk jujur dan tidak berpihak. Namun ada hal-hal di mana wartawan menurut dia justru diharuskan untuk berpihak, yaitu berpihak pada kebenaran dan keadilan.

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh wartawan. Namun kadang kala wartawan terjebak pada rutinitas kerja sehingga kurang akurasi dan cendrung berpihak pada salah satu kelompok. Kalau mau berpihak sebenarnya boleh, tapi berpihak pada kebenaran dan keadilan," tandasnya dalam sambutan usai menyerahkan penghargaan kepada para nomine dalam gelaran Anugerah Jurnalistik MHT 2022 atau yang ke-48 yang berlangsung di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, pada Kamis 15 September.

Setelah menyerahkan tanda penghargaan dan hadiah apresiasi kepada para pemenang, giliran Anies yang diganjar penghargaan oleh PWI Jakarta. Ia menerima piagam PWI Jaya Award dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta sebagai apresiasi dari kepedulian dan kontribusi terhadap kebebasan pers di Jakarta.

Anies Baswedan mengapresiasi peran pewarta di Jakarta melalui PWI Jaya karena selama ini ikut membangun ekosistem jurnalistik yang sehat. Menurut dia penghargaan diterima ini sebagai pengingat bahwa pejabat publik harus membuka ruang kebebasan transparan bagi kegiatan jurnalistik.

Anies Baswedan menyerahkan hadiah kepada salah perwakilan tvone yang meraih kategori televisi teresterial. (Dok PWI Jaya)
Anies Baswedan menyerahkan hadiah kepada salah perwakilan tvone yang meraih penghargaan untuk kategori televisi terestrial. (Dok PWI Jaya)

 

“Kami mengapresiasi teman-teman pewarta yang ikut bersama bangun ekosistem jurnalisme sehat di Jakarta. Kami pun berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ini sebuah penghormatan. Kami sendiri merasa bahwa memfasilitasi itu (kebebasan pers) adalah suatu keharusan,” katanya.

Anies menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan padanya. “Apalagi berada di ranah publik dan teman-teman yang memantau ini semua. Saya merasa salut kepada teman-teman di PWI. Dan terima kasih atas penghargaannya, ini menjadi pengingat bagi saya dan kita semua untuk selalu menjaga ruang kebebasan itu,” tambahnya.

Terkait penyelenggaraan MHT Awards ke-48 tahun 2022, Anies Baswedan menilai siapa pun yang memenangkan penghargaan ini bisa menjadi motivasi pewarta untuk menghasilkan berbagai karya yang dibutuhkan masyarakat.

Gelaran MHT Awards 2022 atau yang ke-48 akhirnya terselenggara setelah tertunda dua kali. (Dok PWI Jaya)
Gelaran MHT Awards 2022 atau yang ke-48 akhirnya terselenggara setelah tertunda dua kali. (Dok PWI Jaya)

 

“Dengan adanya pemberian award ini yang dijalankan dengan sistem meritokratik, ini membuat kredibilitas dari penghargaan menjadi sangat kuat. Semoga ini menjadi motivasi bagi teman-teman semua yang bergerak di bidang jurnalistik untuk menghasilkan karya. Ini adalah satu tanda keberhasilan dalam berkarya. Jadi, saya sampaikan selamat kepada para pemenang. Kami di Jakarta tentu sangat mendukung, karena kegiatan ini telah berjalan selama 48 tahun” jelas Anies Baswedan.

 

Tujuh Kategori dalam MHT Awards 2022

Perlu diketahui, terdapat 7 (tujuh) kategori karya jurnalistik yang dilombakan pada MHT Awards ke-48 ini, yaitu kategori teks, kategori foto, kategori video TV terestrial, kategori video TV streaming, kategori radio, kategori infografis, dan kategori tajuk.

Karya-karya yang dilombakan pada Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin 2022 ini merupakan karya-karya yang dipublikasikan di media cetak, elektronik, dan online dalam kurun waktu antara 1 Juni 2021 hingga 31 Mei 2022. Total ada 482 produk jurnalistik yang mengikuti ajang ini.

Ketua Dewan Juri Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin 2022, Irmanto, menyampaikan produk jurnalistik yang terkumpul pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah karya sekitar 30% dari tahun lalu. Dinamika dan kemajuan Ibu Kota juga tergambar dengan jelas di setiap karya.

“Tulisan-tulisan, video, foto maupun infografis ini terlihat dengan nyata. Kalau saya boleh simpulkan bahwa pemenang dari Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin tahun ini luar biasa. Mereka bukan saja mampu menggambarkan dengan baik, tapi juga tidak kehilangan daya kritisnya terhadap kebijakan yang diambil oleh Pemprov DKI,” ujarnya.

“Saya pikir, juara-juara ini patut menjadi teladan, patut menjadi contoh bagi teman-teman wartawan yang biasa meliput dan menyelami kehidupan Jakarta,” pungkasnya.

 

Adapun rincian pemenang sebagai berikut:

Kategori Video TV Terestrial

Fakta tvOneNews (Sumur Resapan Anies, Mengapa Masih Banjir : Fakta)

Kategori Radio

Pemenang: RRI (MRTku Mendunia, Transportasiku Rumah Warga Ibukota)

 

Kategori Foto

Pemenang: poskota.co.id (Potret Kemiskinan di Balik Megahnhya Jakarta International Stadium)

Kategori Tajuk

Pemenang: kompas.id (Jangan Surut Transjakarta)

 

Kategori Infografis

Pemenang: Media Indonesia (Fasilitas Baru Bertaraf Internasional di Jakarta)

Kategori Teks

Pemenang: Koran Tempo (Empat Tahun Menanti di Kampung Akuarium)

 

Kategori Video TV Streaming

Pemenang: Kumparan (Perjuangan di Balik Kemegahan Jakarta Intrnational Stadium)

Gelaran MHT Awards 2022 ini didukungan oleh PT Krakatau Steel, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Djarum Foundation, Agi Sugiyanto melalui PT Media Musik Proaktif, PT Krakatau Steel, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Djarum Foundation, PT Astra Agro Lestari, Tbk, FIF, Gadjah Tunggal, Pelindo, Bakrie Amanah, BPJS Ketenagakerjaan, PT Transjakarta, Pupuk Indonesia, PLN, BCA, Bank DKI, BRI, Waskita Karya, Mind.Id/Inalum, Pertamina Patra Niaga, serta Mustika Ratu dan Garuda Food.

Terimakasih sudah membaca artikel Di Acara Puncak MHT Awards 2022 Anies Baswedan Ingatkan Wartawan untuk Tidak Berpihak, Kecuali .... Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.