Dinas PU Luncurkan 6 Pekerjaan Atasi Banjir Balikpapan

Artikel Dinas PU Luncurkan 6 Pekerjaan Atasi Banjir Balikpapan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
ILUSTRASI DOKUMENTASI - Banjir di Jalan ZA Maulani di kawasan Bukit Damai Sentosa/ ANTARA/novi abdi

BALIKPAPAN - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Balikpapan meluncurkan 6 pekerjaan penanganan banjir di sepanjang Jalan MT Harjono dan Jalan Mayor Polisi Zainal Arifin alias Jalan Beller awal pekan ini.

“Seluruh pekerjaan bernilai total Rp135 miliar dan akan dikerjakan selama 2 tahun ke depan oleh dua perusahaan kontraktor, yaitu PT Yodya Karya dan PT Fahreza Duta Perkasa,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli dilansir ANTARA, Rabu, 7 September.

Adapun keenam pekerjaan untuk mengatasi banjir tersebut pertama adalah pembuatan gorong-gorong memotong Jalan MT Harjono, lebih kurang di depan gerbang Global Sport. Di bagian itu Jalan MT Harjono berada di lembah sempit, bila dari arah Balikpapan Baru jalan menurun curam, lalu datar sepanjang lebih kurang 100 meter, dan segera menanjak lagi hingga pertigaan dengan Jalan Sjarifuddin Joes.

Gorong-gorong ini untuk mengalirkan alir yang karena kontur alam terkumpul di ruas jalan tersebut bila hujan turun. Di bagian itu juga akan ditinggikan hingga 2 meter sepanjang 200 meter. Peninggian jalan ini juga mengurangi kecuraman tanjakan dan turunan pada ruas tersebut.

Pekerjaan kedua adalah saluran terusan gorong-gorong tadi, berupa saluran parit besar sepanjang 715 meter dan dalam 2 meter, melingkari Global Sport, menyusuri sisi timur pagar tembok Perumahan Wika hingga sampai ke ujung saluran bozem Balikpapan Baru.

Yang ketiga adalah pekerjaan pelebaran saluran sekunder Balikpapan Baru segmen 1 sepanjang 325 meter dari Jembatan Beller ke utara sampai Pelita Jaya Motor. Pekerjaan ini di sisi timur Jalan MT Harjono.

Keempat, pekerjaan saluran sekunder Inhutani yakni saluran selebar 7 meter mulai dari depan Hotel Hemra hingga depan Kantor Pegadaian sepanjang 675 meter. Kemudian pelebaran saluran 5 meter sepanjang 225 meter dari depan Pegadaian hingga jalan masuk Toyota Auto 2000. Pekerjaan ini di sisi barat Jalan MT Harjono.

Pekerjaan kelima berupa pembongkaran dan pengangkatan sisa abutment (beton dan sedimen) dari bawah Jembatan PDAM di Dam dan dari bawah jembatan depan Hotel Zurich di Jalan Jenderal Sudirman. Pembongkaran ini untuk melancarkan jalan air menuju laut, lebih kurang 1.500 meter lagi dari Jembatan PDAM.

Pekerjaan keenam adalah pelebaran Sungai Ampal di bagian yang melintasi Balikpapan Baru. Di ruas itu sungai akan dilebarkan menjadi 7 meter dan kedalamannya ditambah menjadi sekurangnya 2,7 meter.

“Saat ini lebar sungai di situ 3-4 meter dengan kedalaman rata-rata 2 meter,” katanya.

 

 

Terimakasih sudah membaca artikel Dinas PU Luncurkan 6 Pekerjaan Atasi Banjir Balikpapan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.