Investigasi Pesawat Bonanza yang Tewaskan 2 Anggota TNI AL Dimulai

Artikel Investigasi Pesawat Bonanza yang Tewaskan 2 Anggota TNI AL Dimulai di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Proses investigasi pesawat Bonanza mulai dilakukan TNI Angkatan Laut (TNI AL), Jumat (9/9). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono menyebut sudah membentuk tim investigasi.

Pesawat udara jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut jatuh di perairan Selat Madura, Rabu (7/9). Bangkai pesawat dan tubuh 2 pilot tersebut telah ditemukan dan dievakuasi pada Kamis (8/9).

”Hari ini (9/9) pemakaman. Badan pesawat akan diinvestigasi. Saya tunjuk inspektur jenderal sebelum kepala investigasi dan KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi). Nanti siang saya tanda tangan. Langsung mulai (investigasi),” kata Yudo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taman Bahagia, Sidoarjo, usai pemakaman 2 pilot TNI AL, Jumat (9/9) pagi.

Dia memastikan bahwa pesawat Bonanza baru dibuat pada 2013. Sehingga pesawat masih layak digunakan. ”Bonanza dari 2013 buatan USA pesawat latih TNI AL,” terang Yudo.

Atas kejadian itu, dia menyatakan tidak akan lagi menggunakan pesawat jenis Bonanza untuk latihan. KSAL telah memerintahkan untuk berhenti menggunakan pesawat tersebut. ”Bonanza break. Evaluasi operasional dan latihan maupun kegiatan operasi demo-demo sementara yang (jenis) Bonanza dihentikan,” ucap Yudo.

Pesawat G-36 Bonanza T-2503 jatuh di perairan Selat Madura aat pelaksanaan latihan Air Defence Exercise (Adex) Siaga Armada II bersama dengan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di jajaran Komando Armada II. Dalam latihan tersebut, pesawat Bonanza disimulasikan sebagai unit penyerang dengan skema anti serangan udara.

Sesuai informasi ketika pesawat yang dipiloti Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti lepas landas dari Bandara Juanda dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub, pukul 08.45 WIB. Sekitar 10 menit setelah lepas landas, pesawat tersebut dilaporkan lost contact di antara Bangkalan dan Gresik, pukul 08.55 WIB.

Terimakasih sudah membaca artikel Investigasi Pesawat Bonanza yang Tewaskan 2 Anggota TNI AL Dimulai Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.