Siswi SMP Buka Lapangan Kerja untuk IRT dan Lulusan SMK

Artikel Siswi SMP Buka Lapangan Kerja untuk IRT dan Lulusan SMK di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Tiap menit, 2 juta sampah masker dihasilkan di seluruh dunia. Di Kota Surabaya, tiap bulan ada 800 kilogram sampah masker yang dibuang.

Berdasar data itu, Amara Shafa Kirana atau Ara, remaja asal SMPN 17 Surabaya membuat Eco Friendly Pouch. Dibuat berbahan dasar masker bekas, beberapa produk dihasilkan.

”Saya tergerak untuk mengolah sampah masker menjadi barang-barang yang berguna seperti dompet, tempat pensil, tas jinjing,” kata Ara.

Ara tidak hanya mengumpulkan dan mengolah sendiri sampah masker, dia juga membagikannya kepada masyarakat. Total ada 5.600 pouch yang berhasil diciptakannya. Seluruh pouch telah dibagikan ke masyarakat.

”Awal mula ejak pandemi ini, saya melihat di lingkungan sekitar rumah mulai banyak sampah masker sekali pakai, hal ini ternyata tidak terjadi di Surabaya saja tetapi di seluruh tempat, kota, dan negara,” ujar Ara.

Dia pun berinisiatif untuk mengurangi sampah masker tersebut dengan mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat. Dia pun mendaftar menjadi Putri Lingkungan Hidup yang digelar LSM Tunas Hijau.

”Harapan saya agar banyak orang terinspirasi untuk peduli dengan sampah masker dan juga berkeinginan untuk mengolah kembali. Sehingga Kota Surabaya yang kita cintai menjadi kota yang bebas sampah masker,” kata Ara.

Ternyata, sosok mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi inspirasi. Dia melihat, sosok Risma mampu mengubah Kota Surabaya menjadi kota yang bersih, hijau, dan asri.

”Harapan saya dari program ini, Surabaya dapat terbebas dari sampah masker serta munculnya lebih banyak lapangan pekerjaan bagi ibu rumah tangga serta para lulusan siswi SMK,” ungkap Ara.

Selama ini, dia melihat banyak warga bisa melakukan hal serupa. Misalnya, mengubah masker bekas menjadi produk seperti dompet, tempat pensil, tas jinjing, yang dapat dijual kembali.

”Alhamdulillah di proyek ini, hingga saat ini saya telah mengumpulkan sampah masker sebanyak 240 kg atau 2 kuintal dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah dan seorang lulusan SMK. Serta produk produk yang dihasilkan pun telah terjual di offline maupun online,” terang Ara.

Terimakasih sudah membaca artikel Siswi SMP Buka Lapangan Kerja untuk IRT dan Lulusan SMK Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.