Bandara Juanda Layani 232.011 Penumpang selama Pembukaan Posko Natal dan Tahun Baru

Artikel Bandara Juanda Layani 232.011 Penumpang selama Pembukaan Posko Natal dan Tahun Baru di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

SIDOARJO - Bandara Internasional Juanda Surabaya melayani 232.011 penumpang selama enam hari pembukaan posko pelayanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yakni sejak 19-24 Desember 2022.

Jumlah tersebut meningkat 58 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya 146.908 penumpang.

"Jika dirata-rata maka penumpang harian di periode posko tahun ini adalah sejumlah 38.000 penumpang per hari atau tumbuh 15 persen jika dibanding hari operasional biasa yakni sejumlah 33.000 penumpang harian," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar dikutip dari Antara, Minggu, 25 Desember.

Ia mengatakan, tren peningkatan jumlah penumpang terlihat sejak H-4 Natal atau tanggal 21 Desember 2022 yakni sejumlah 39.058 penumpang, kemudian di hari berikutnya sejumlah 40.055, dan puncak pertama terjadi pada Jumat, 23 Desember 2022, sejumlah 40.608 penumpang.

Menurutnya, tren pertumbuhan penumpang yang signifikan terjadi pada penumpang internasional karena sebelumnya Bandara Juanda tidak dibuka sebagai pintu gerbang penerbangan internasional.

"Saat ini per hari ada sejumlah 5.000 penumpang internasional dimana pada tahun sebelumnya sama sekali tidak ada, sehingga memang terlihat pertumbuhan penumpang internasional yang signifikan," ujarnya.

Sisyani menambahkan, beberapa penumpang yang ditemui mengaku memanfaatkan libur akhir tahun dan libur sekolah untuk ke luar negeri.

"Rata-rata tujuan Singapura, kemudian melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya via Bandara Changi," katanya.

Ia mengatakan, pertumbuhan yang sama juga terjadi pada pergerakan pesawat, dimana pada periode posko tahun ini rata-rata harian adalah sejumlah 267 pergerakan pesawat atau tumbuh 41 persen dibanding tahun sebelumnya yakni 190 pergerakan pesawat per hari.

"Mengantisipasi hal-hal tersebut kami telah memastikan fasilitas dalam kondisi siap untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru," kata Sisyani.

Terimakasih sudah membaca artikel Bandara Juanda Layani 232.011 Penumpang selama Pembukaan Posko Natal dan Tahun Baru Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.