Beda dengan BRIN, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Jakarta Hingga Tangerang, Tak Ada Hujan Badai

Artikel Beda dengan BRIN, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Jakarta Hingga Tangerang, Tak Ada Hujan Badai di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi Jakarta yang diguyur hujan (Photo by Sabda Rhamadhoni on Unsplash)

JAKARTA - Warga Jabodetabek panik dengan potensi terjadinya hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022. Tapi prakiraan cuaca yang diterbitkan BMKG berkata lain.

Sebelumnya, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membeberkan terdapat potensi banjir besar di kawasan Jabodetabek mulai Rabu, 28 Desember 2022.

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Peneliti Klimatologi, pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir, BRIN, Erma Yulihastin, dalam akun Twitternya.

Prakiraan tersebut berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System (Sadewa). Badai dahsyat dari laut akan berpindah ke darat melalui jalur barat dengan angin baratan yang membawa hujan badai dari laut, dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat.

"Maka Banten, dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," urai dia.

Kovergensi di darat pun akan masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2020 akan meluas.

"Menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat," lanjutnya.

Prakiraan Cuaca 28 Desember

Dalam laman resminya, BMKG sudah merilis prakiraan cuaca di seluruh nusantara. Termasuk daerah Jakarta, Bogor, Tangerang hingga Banten.

Hasilnya, berbeda jauh dibanding pernyataan peneliti BRIN.

DKI Jakarta 28 Desember

Pagi hari hujan diprediksi turun di Kepulauan Seribu. Itu pun cuma hujan ringan. Berlanjut ke siang, hampir semua wilayah Jakarta diguyur hujan sedang dan ringan. Cuma Jakarta utara saja yang berawan tebal.

Sedangkan malam hari, seluruh wilayah bakal diguyur hujan. Tapi sekali lagi, tidak ada hujan badai, petir maupun badai dalam prakiraan BMKG.

Depok 28 Desember

Pagi hari di Depok akan diguyur hujan intensitas ringan. Hujan sedang baru turun selepas pukul 13.00 WIB. Lanjut malam hari, baru turun hujan ringan.

Banten 28 Desember

Seluruh wilayah Banten diprediksi akan terus diguyur hujan sepanjang hari. Namun tak ada hujan lebat. Apalagi disertai petir.

 

Terimakasih sudah membaca artikel Beda dengan BRIN, BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Jakarta Hingga Tangerang, Tak Ada Hujan Badai Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.