Cara Kerja Artificial Intelligence: Gak Kebayang Lagi Deh Gimana Jadinya Masa Depan Dengan Teknologi Ini

Artikel Cara Kerja Artificial Intelligence: Gak Kebayang Lagi Deh Gimana Jadinya Masa Depan Dengan Teknologi Ini di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Cara Kerja Artificial Intelligence (Unsplash)

YOGYAKARTA - Apa itu AI? Kurang dari satu dekade setelah membantu pasukan Sekutu memenangkan Perang Dunia II dengan memecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi, ahli matematika Alan Turing mengubah sejarah untuk kedua kalinya dengan pertanyaan sederhana: "Bisakah mesin berpikir?" Lalu bagaimana cara kerja artificial intelligence?

Makalah Turing tahun 1950 "Mesin Komputasi dan Kecerdasan" dan Tes Turing berikutnya menetapkan tujuan dan visi dasar AI.

Pada intinya, AI adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan menjawab pertanyaan Turing secara afirmatif. Ini adalah upaya untuk mereplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin. Tujuan ekspansif AI telah menimbulkan banyak pertanyaan dan perdebatan. Sedemikian rupa sehingga tidak ada definisi tunggal bidang yang diterima secara universal.

Keterbatasan utama dalam mendefinisikan AI hanya sebagai "membangun mesin yang cerdas" adalah tidak benar-benar menjelaskan apa itu AI dan apa yang membuat mesin cerdas. AI adalah ilmu interdisipliner dengan berbagai pendekatan, tetapi kemajuan dalam pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam menciptakan perubahan paradigma di hampir setiap sektor industri teknologi.

Namun, berbagai tes baru telah diusulkan baru-baru ini yang sebagian besar telah diterima dengan baik, termasuk makalah penelitian tahun 2019 berjudul “On the Measure of Intelligence.” Dalam makalah tersebut, peneliti veteran pembelajaran mendalam dan insinyur Google François Chollet berpendapat bahwa kecerdasan adalah "tingkat di mana seorang pelajar mengubah pengalamannya dan sebelumnya menjadi keterampilan baru pada tugas-tugas berharga yang melibatkan ketidakpastian dan adaptasi." Dengan kata lain: Sistem yang paling cerdas hanya mampu mengambil sedikit pengalaman dan terus menebak apa yang akan menjadi hasil dalam berbagai situasi.

Cara Kerja Artificial Intelligence

Ilustrasi Teknologi AI (Unsplash)

AI bekerja dengan menggabungkan data dalam jumlah besar dengan pemrosesan berulang yang cepat dan algoritme cerdas, memungkinkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola atau fitur dalam data. AI adalah bidang studi yang luas yang mencakup banyak teori, metode, dan teknologi, serta subbidang utama berikut:

  • Pembelajaran mesin mengotomatiskan pembuatan model analitik. Ini menggunakan metode dari jaringan saraf, statistik, riset operasi, dan fisika untuk menemukan wawasan tersembunyi dalam data tanpa secara eksplisit diprogram ke mana harus mencari atau apa yang harus disimpulkan.
  • Jaringan saraf adalah jenis pembelajaran mesin yang terdiri dari unit-unit yang saling berhubungan (seperti neuron) yang memproses informasi dengan menanggapi input eksternal, menyampaikan informasi di antara setiap unit. Proses ini membutuhkan banyak lintasan pada data untuk menemukan koneksi dan mendapatkan makna dari data yang tidak terdefinisi.
  • Visi komputer bergantung pada pengenalan pola dan pembelajaran mendalam untuk mengenali apa yang ada di gambar atau video. Ketika mesin dapat memproses, menganalisis, dan memahami gambar, mereka dapat menangkap gambar atau video secara real time dan menginterpretasikan sekelilingnya.
  • Pemrosesan bahasa alami (NLP) adalah kemampuan komputer untuk menganalisis, memahami, dan menghasilkan bahasa manusia, termasuk ucapan. Tahap selanjutnya dari NLP adalah interaksi bahasa alami, yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari yang normal untuk melakukan tugas.
  • Pembelajaran mendalam menggunakan jaringan saraf besar dengan banyak lapisan unit pemrosesan, memanfaatkan kemajuan daya komputasi dan meningkatkan teknik pelatihan untuk mempelajari pola kompleks dalam data dalam jumlah besar. Aplikasi umum termasuk pengenalan gambar dan ucapan.

Selain itu, beberapa teknologi mengaktifkan dan mendukung AI:

  • Unit pemrosesan grafis adalah kunci AI karena memberikan daya komputasi berat yang diperlukan untuk pemrosesan berulang. Melatih jaringan saraf memerlukan data besar plus daya komputasi.
  • Internet of Things menghasilkan sejumlah besar data dari perangkat yang terhubung, sebagian besar tidak dianalisis. Mengotomatiskan model dengan AI akan memungkinkan kita untuk menggunakannya lebih banyak.
  • Algoritme canggih sedang dikembangkan dan digabungkan dengan cara baru untuk menganalisis lebih banyak data dengan lebih cepat dan di berbagai tingkatan. Pemrosesan cerdas ini adalah kunci untuk mengidentifikasi dan memprediksi kejadian langka, memahami sistem yang kompleks, dan mengoptimalkan skenario unik.
  • API, atau antarmuka pemrograman aplikasi, adalah paket kode portabel yang memungkinkan untuk menambahkan fungsionalitas AI ke produk dan paket perangkat lunak yang ada. Mereka dapat menambahkan kemampuan pengenalan gambar ke sistem keamanan rumah dan kemampuan Tanya Jawab yang mendeskripsikan data, membuat teks dan tajuk utama, atau memanggil pola dan wawasan menarik dalam data.

Singkatnya, tujuan AI adalah untuk menyediakan perangkat lunak yang dapat menalar input dan menjelaskan output. AI akan memberikan interaksi seperti manusia dengan perangkat lunak dan menawarkan dukungan keputusan untuk tugas tertentu, tetapi itu bukan pengganti manusia dan tidak akan dalam waktu dekat.

Jadi setelah mengetahui cara kerja artificial intelligence, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

 

Terimakasih sudah membaca artikel Cara Kerja Artificial Intelligence: Gak Kebayang Lagi Deh Gimana Jadinya Masa Depan Dengan Teknologi Ini Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.