Cara Membuat QRIS bagi Pemilik Usaha, Ternyata Semudah Ini

Artikel Cara Membuat QRIS bagi Pemilik Usaha, Ternyata Semudah Ini di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi membuat QRIS (Freepik)

YOGYAKARTA - QRIS telah memudahkan aktivitas pembayaran di era sekarang. Banyak orang kini memilih membayar menggunakan QRIS karena lebih mudah dan cepat dibanding memakai uang tuan. Pemilik usaha pun banyak yang langsung menyediakan layanan pembayaran QRIS di toko mereka. Namun masih banyak pemilik usaha yang belum tahu cara membuat QRIS.

Kini sudah banyak toko yang menyediakan QRIS sebagai alat pembayaran. Layanan ini mengikuti disediakan kebutuhan jual beli di era digital saat ini. Pemilik bisnis akan mendapat banyak keuntungan ketika menggunakan QRIS. Konsumen akan merasa lebih mudah dan aman saat melakukan pembayaran dengan QRIS, 

Berbagai manfaat yang didapatkan pemilik usaha yang menggunakan alat pembayaran QRIS, di antaranya lebih efisien waktu menerima pembayaran, tidak perlu mencetak nota, tidak perlu menyiapkan kembalian, dan lainnya. 

Jenis-Jenis QRIS

Sebelum mempelajari cara membuat QRIS, terlebih dahulu anda perlu tahu macam-macam QRIS. Ada tiga macam pembayaran menggunakan QRIS, dikutip dari situs Bank Indonesia. Tiga jenis tersebut, yaitu mode yang disajikan pedagang (MPM) statis, mode yang disajikan pedagang (MPM) dinamis, dan mode yang disajikan pelanggan (CPM). 

Berikut penjelasan ketiga jenis pembayaran QRIS tersebut:

Status Mode Penyajian Pedagang (MPM)

Jenis pembayaran QRIS ini hanya menggunakan satu kode QR. Merchant atau pemilik usaha hanya menyediakan satu kode QR yang biasanya diletakkan pada stiker atau print out. 

Pelanggan atau pelanggan dapat melakukan transaksi dengan cara memindai (scan) kode QR yang sudah disediakan di toko. Saat anda sudah scan QR code maka akan muncul kolom pengisian nominal pembayaran. Anda tinggal mengisikan jumlah harga pembelian anda, selanjutnya tinggal memasukkan PIN dan klik untuk proses pembayaran. 

Mode Disajikan Pedagang (MPM) Dinamis

MPM Dinamis adalah jenis pembayaran dengan kode QR yang dikeluarkan dari mesin EDC milik merchant. Langkah pembayarannya beda dengan MPM Statis. Dalam pembayaran jenis ini, merchant memasukkan pembayaran nominal dalam komputer atau smartphone yang terhubung dengan mesin EDC. 

Selanjutnya mesin EDC akan mencetak QRIS yang perlu dipindai atau dipindai oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran. Jenis QRIS ini cocok untuk usaha menengah hingga besar dengan volume transaksi yang tinggi. 

Mode Penyajian Pelanggan (CPM)

Jenis pembayaran CPM ini menggunakan QR code dari pelanggan atau customer. Pembayaran dilakukan dengan memindai atau scan QR code di akun aplikasi masing-masing customer. 

Langkah pembayarannya dilakukan dengan customer membuka menu QR dalam aplikasi. Lalu akan muncul QR code yang akan dipindai oleh merchant atau toko. Jenis QRIS ini biasanya digunakan untuk usaha yang butuh transaksi cepat, seperti tiket tol, jasa transportasi, swalayan, dan lainnya. 

Keuntungan Transaksi Menggunakan QRIS

QRIS memberikan banyak manfaat untuk aktivitas transaksi, baik bagi customer maupun merchant. Berikut keuntungan saat pembeli dan penjual menggunakan alat pembayaran QRIS. 

Bagi Pelanggan
  • Transaksi lebih cepat
  • Tidak repot membawa uang tunai
  • Lebih praktis dan fleksibel
  • Tidak pusing memikirkan QR yang terpasang
  • Lebih aman dalam bertransaksi karena PJSP penyelenggara QRIS wajib memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia
Bagi Pemilik Usaha
  • Dapat meningkatkan penjualan karena pelanggan merasa nyaman saat bertransaksi
  • Meningkatkan branding bisnis menjadi kekinian
  • Praktis dalam menerima pembayaran karena hanya menggunakan satu perangkat QRIS
  • Mengurangi biaya pengelolaan kas
  • Terhindar dari risiko uang palsu
  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian karena pembayaran bisa langsung sesuai dengan nominal pembelian
  • Transaksi tercatat secara otomatis dan bisa dicek setiap saat
  • Mudah dalam memisahkan uang usaha dengan uang pribadi
  • Mencegah tindak kecurangan dalam pembukuan transaksi 
  • Membangun informasi credit profile guna memudahkan mendapat kredit di masa mendatang 
Cara Membuat QRIS

Pembuatan QRIS bisa dilakukan secara online melalui smartphone. Cara pendaftarannya cukup mudah, anda hanya perlu membuka situs qris.id untuk melakukan registrasi. 

Registrasi di Website

Sudah ada situs khusus yang diperuntukkan untuk mendapatkan segala informasi mengenai QRIS. Anda juga bisa membuat QRIS di situs qris.id. Saat sudah masuk, anda tinggal memilih menu Daftar QRIS (qris.id/register).

Mengikuti Langkah dan Persyaratan

Selanjutnya, anda akan dibawa ke halaman Form Pendaftaran. Perhatikan semua langkah dan persyaratan, lalu pastikan tidak ada yang terlewat. Pastikan semua dokumen asli dan lengkap. Jangan lupa memilih jenis bisnis yang sesuai dengan bidang usaha anda. 

Melakukan Pembayaran QRIS

Sesudah mengikuti langkah dan persyaratannya, selanjutnya anda perlu melakukan pembayaran QRIS. Anda bisa membayarnya melalui mobile banking atau e-wallet. Pembayaran harus dilakukan maksimal 14 hari setelah pengisian form. Jika dalam durasi waktu tersebut anda belum membayar, maka form pendaftaran anda akan direset. 

Mendapatkan Username dan Password

Jika sudah membayar, anda akan mendapat notifikasi registrasi berisi username dan password untuk login ke halaman dashboard. Selanjutnya, anda tinggal melengkapi dokumen di halaman dashboard dan verifikasi kelegkapan data. 

Itulah penjelasan cara membuat QRIS bagi pemilik usaha. Jika anda memiliki bisnis, maka sangat disarankan untuk menyediakan alat pembayaran QRIS. Apalagi pendaftaran QRIS sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terimakasih sudah membaca artikel Cara Membuat QRIS bagi Pemilik Usaha, Ternyata Semudah Ini Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.