Harganya Mahal, Apa Sih Keistimewaan Daging Wagyu A5?

Artikel Harganya Mahal, Apa Sih Keistimewaan Daging Wagyu A5? di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi daging Wagyu (Unsplash)

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa dalam dunia perdagingsapian, ada sistem penilaian khusus yang digunakan untuk menentukan kualitas daging. Sedangkan nilai paling tinggi untuk daging sapi dalam dunia kuliner adalah A5. Lalu, apa itu daging Wagyu A5?

Mengenal Daging Wagyu A5

Wagyu sendiri adalah salah satu jenis sapi yang ada di Jepang. Negara tersebut memiliki dua jenis sapi yakni sapi biasa atau sapi cattle dan sapi wagyu.

Yang membedakan sapi wagyu dengan sapi biasa adalah perawatannya, asal atau tempat budidayanya, hingga keturunannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sapi wagyu adalah daging yang berasal dari sapi Jepang pilihan.

Sedangkan A5 adalah salah satu hasil penilaian atas kualitas daging. Patut diketahui bahwa dalam menilai kualitas daging dari atas sampai bawah digunakan penilaian Grade A, B, dan C. Huruf ini didasarkan pada proporsi daging yang bisa dikonsumsi dari seekor sapi.

Sedangkan angka yang digunakan dalam penilaian adalah dari 1 sampai 5. Angka 1 adalah penilaian terendah, sedangkan 5 adalah penilaian tertinggi.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa daging Wagyu A5 adalah daging steak sapi terkenal terbaik dari Jepang yang memiliki level paling tinggi. Daging wagyu yang dijual biasanya memiliki sertifikat yang dilengkapi dengan informasi terntang asal sapi wagyu, tanggal lahir sapi dan waktu penyembelihannya.

Keistimewaan Daging Wagyu A5

Daging Wagyu A5 memang disebut sebagai daging berkualitas baik di kelasnya. Bahkan harganya pun mencapai jutaan rupiah. Konten kreator Sisca Kohl yang mengunggah barang premium sempat mengunggah harga daging wagyu A5 yang perkilonya dibanderol dengan harga Rp7,5 juta. Di luar dari harganya, berikut keistimewaan Wagyu A5.

  • Lebih Lembut dan Juicy
  • Bagaimana rasanya saat Anda menggigit daging sapi, rasanya lembut dan lebih juicy? Sensasi ini yang akan dirasakan saat mengonsumsi Wagyu A5. Daging jenis ini punya tekstur yang lembut serta lebih berair sehingga saat dimakan akan lumer di mulut.

  • Kaya akan Marbling
  • Marbling adalah serat putih yang biasanya ada di permukaan daging wagyu. Marbling jadi ciri khas pada wagyu, bahkan jadi salah satu keunggulan yang ditawarkan. Keberadaan marbling di wagyu akan semakin melezatkan rasa daging saat dikonsumsi.

  • Lebih Bergizi
  • Pertimbangan nilai gizi yang terkandung dalam daging Wagyu A5 juga jadi pertimbangan bagi beberapa orang. Pakan yang diberikan untuk sapi Wagyu bukan pakan sembarangan seperti sapi biasa yang ada di Indonesia. Pakan tersebut tentu berpengaruh pada nilai gizi pada daging.

    Cara Memasak Daging Wagyu A5

    Setiap Chef memiliki cara yang berbeda saat memasak daging Wagyu A5. Namun secara umum terdapat perlakuan khusus yang harus dipatuhi agar tak merusak kualitas daging.

    Misalnya, saat memotong daging Wagyu harus dilakukan di suhu yang dingin atau ber-AC. Pasalnya suhu panas akan membuat daging melelh karena lemak yang ada pada daging.  Tak sampai situ, saat memegang Wagyu tangah juga harus dialasi dengan tisu kering yang tebal karena suhu tubuh juga berpotensi merusak lemak dan daging.

    Pemanggangan Wagyu juga tidak bisa dilakukan secara asal. Anda harus memanaskan pan atau teflon dulu. Setelah itu kecilkan apinya dan daging bisa ditempatkan di teflon. Pemanggangan juga tak boleh dilakukan terlalu lama agar tekstur dan rasanya tak rusak. Bumbu yang diberikan juga tidak disarankan terlalu banyak.

    Itulah informasi tentang daging Wagyu A5. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.

    Terimakasih sudah membaca artikel Harganya Mahal, Apa Sih Keistimewaan Daging Wagyu A5? Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.