Penting Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil

Artikel Penting Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Menjadi agenda tahunan yaitu momen menjelang akhir tahun pasti banyak orang yang berlibur bersama keluarga. Tak sedikit masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk liburan.

Tak hanya lebih fleksibel dari segi waktu karena bisa ditentukan sendiri, namun juga bisa menghemat biaya karena dapat mengangkut banyak orang.

Tapi ada catatan yang harus diingat sebelum memutuskan untuk berlibur dengan mobil pribadi. Apalagi jika akan menempuh perjalanan dengan jarak tempuh panjang pastinya membutuhkan stamina tubuh yang prima.

Kondisi kendaraan juga tak kalah penting demi menunjang kenyamanan sekaligus keselamatan bagi Anda dan keluarga.

Untuk itu, ada baiknya melakukan perawatan rutin pada mobil Anda sebelum memulai perjalanan. Terutama memeriksa komponen penting kendaraan seperti berikut ini:

Radiator

Mengecek radiator merupakan hal paling mendasar sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Periksa apakah air radiator masih cukup banyak dan sesuai standar atau tidak.

Selain itu, ada baiknya jika mobil yang digunakan sudah berumur untuk menguras air radiator yang ada. Radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin terutama jika digunakan untuk perjalanan jauh.

Ban mobil

Perjalanan yang jauh tentu akan menguji kondisi dan kekuatan ban mobil. Anda perlu mengecek kondisinya sebelum melakukan perjalanan panjang.

Lihat apakah keadaan ban masih layak pakai, serta jangan sampai lupa untuk mengecek tekanan angin pada mobil Anda.

Oli transmisi

Bagian penting lainnya adalah oli transmisi. Coba periksa apakah kondisinya masih layak dipakai. Oli transmisi untuk mobil manual disarankan untuk diganti apabila mobil sudah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Untuk mobil manual, mengecek kopling adalah sebuah keharusan setelah mobil digunakan untuk jarak tempuh yang jauh dan macet. Untuk mengecek apakah ada kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya mudah.

“Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi susah dipindahkan. Jika terjadi hal demikian, maka segera ganti kampas kopling mobil, jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL).

Pada mobil bertransmisi matik, akan dilakukan pengecekan oli transmisi setiap 40.000 km. Jika ditemukan kekurangan pada oli transmisi ini sebaiknya segera ditambah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sistem transmisi.

“Pada mobil matik, sistem transmisi juga bisa mengalami keausan, imbasnya akan ada partikel misalkan kotoran seperti debu halus yang merupakan produk keausan tersebut,” ungkap Brahmana.

Brahmana menambahkan, kalau ama kelamaan debu ini akan bisa mengubah properties Pelumas seperti viskositas, warna, dll. Contohnya warna, apabila oli matik menjadi lebih gelap ada baiknya transmisi matik melakukan flushing atau pengurasan oli secara total,” tambah Brahma.

Aki

Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki. Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak.

Bukan cuma itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki. Biasanya, aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika dites menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

Rem

Jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sebelum menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan ketebalan kampas serta minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak.

Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai saat liburan.

Sebaiknya ganti oli mesin

Meskipun mobil Anda belum waktunya ganti oli, sebaiknya tetap dilakukan penggantian terutama untuk oli mesin. Tujuannya agar kondisi mesin tetap prima saat Anda melakukan perjalanan jauh.

Perlu diingat, selama liburan nanti Anda akan melewati jalanan yang tidak biasa dilewati dan kondisinya pun biasanya akan dipadati oleh orang lain yang juga ingin liburan.

Itu sebabnya sebaiknya lakukan penggantian oli mesin supaya kondisi mesin tetap terlindungi.

“Pemilik mobil juga tentunya harus menggunakan spesifikasi oli sesuai rekomendasi pabrikan. Oli mesin itu juga dapat ditemui pada produk kami yakni Fastron Series yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan mesin mobil. Bukan saja memenuhi standardisasi API SN, produk Pertamina Lubricants juga dilengkapi teknologi NanoGuard,” lanjut Brahma.

Selain untuk mesin, PT Pertamina Lubricants juga memiliki oli untuk transmisi matik yang dikembangkan untuk mobil bertransmisi otomatis yang disesuaikan dengan suhu dan kondisi di Indonesia.

Pertamina ATF adalah pelumas transmisi otomatis multifungsi berkualitas tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif selektif.

“Pelumas ini direkomendasikan untuk transmisi otomatis semua jenis kendaraan modern saat ini, dan juga untuk sistem hidrolik seperti power steering,” pungkas Brahma.

 

Terimakasih sudah membaca artikel Penting Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.