Semangat Toleransi Jadi Modal Raih Kesejahteraan Bersama di Cisantana

Artikel Semangat Toleransi Jadi Modal Raih Kesejahteraan Bersama di Cisantana di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Sikap toleransi yang tinggi di tengah warga Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menjadi salah satu modal untuk menuju kehidupan yang sejahtera. Selain itu, bidang pendidikan generasi mudanya sangat penting untuk perhatikan termasuk juga lapangan pekerjaan.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan Hardianto dengan membuat pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Bina Santana. PKBM tersebut bisa diakses oleh seluruh warga Desa Sentana tanpa membedakan latar belakang keimanan dan lainnya.

“Ini sekolah non-formal karena kami ingin mengakomodir masyarakat yang sudah berusia tapi ingin mendapatkan ijazah. Terdapat Paket B, Paket C, serta Life skill dan keterampilan,” kata dia.

Menurut Hardianto, dia membuat PKBM berawal dari pengalamannya sebagai guru dan lama di pendidikan masyarakat. Dia melihat di lingkungan tempat tinggal banyak yang putus sekolah dan sehingga menjadi pengangguran.

“Saya ingin mereka bisa sekolah lagi dengan cara gratis dan cuma-cuma. Makanya kita fasilitasi dengan tidak ada biaya dan kami carikan pekerjaan yang lebih layak,” ujarnya.

Dia menambahkan, sejauh ini sudah ada lulusan yang sudah bekerja atau melanjutkan ke jenjang kuliah. Baginya melihat jebolan PKBM yang sudah sukses menjadi kepuasan pribadi. Pihaknya juga memiliki lembaga Kesejahteraan Sosial untuk membantu anak yatim piatu, jompo dan disabilitas.

“Sejauh ini donatur mandiri ya, semampu-mampunya saya menggerakkan kegiatan ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Sekertaris Desa Cisantana Aji Rianto mengatakan, Desa Cisantana masuk sebagai Desa Mandiri dimana secara ke akses lebih mudah karena tingkat pendidikan lebih baik dan akses ke rumah sakit, bank dan kota dekat. Juga sudah didukung fasilitas desa yang memadai, baik sekolah, jalan lebar dan sarana prasarana ibadah juga.

Cisantana juga sebagai Desa Wisata dengan keberadaan Gua Maria yang secara nasional banyak dikunjungi. Selain itu, terdapat wisata alam karena letaknya yang berada di kaki gunung Ciremai. Hal itu menjadi potensi bagi generasi muda di Desa Cisantana.

“Ada wisata alam bumi perkemahan, curug air terjun, wisata buatan konservasi, dan yang sedang ramai wisata kopi shop. Wisatawan yang datang dari wilayah 3 Cirebon, Indramayu dan Majalengka. Kalau libur panjang banyak dari Jakarta dan kota lainnya karena akses dari Jakarta juga sudah mulai baik apalagi kalau BIJB Kertajati Majalengka sudah aktif,” ujarnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Semangat Toleransi Jadi Modal Raih Kesejahteraan Bersama di Cisantana Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.