Sidang Seluncuran Ambrol, Tiga Terdakwa Didakwa UU Konsumen

Artikel Sidang Seluncuran Ambrol, Tiga Terdakwa Didakwa UU Konsumen di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Sebanyak 3 terdakwa kasus ambrolnya seluncuran Kenjeran Park Surabaya menjalani sidang pertama. Sidang dilaksanakan di Ruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (5/12).

Dalam sidang itu, ketiganya didakwa dengan Undang-Undang (UU) Konsumen. Sidang yang digelar secara terbuka dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Ketiga terdakwa datang tepat waktu. Mereka adalah Paul Stephen Tedjianto sebagai General Manager, Subandi sebagai Manager Operasional, serta Soetadji Yudho sebagai pemilik wisata kolam renang Kenpark Surabaya.

”Perbuatan para terdakwa tidak sesuai dengan UU Nomor 01 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang diatur dalam pasal 2 ayat (1), pasal 2 ayat (2) huruf r, pasal 9 dan pasal 10 juncto Permenaker Nomor 4 Tahun 1987 yang diatur dalam pasal 2 dan pasal 7,” tutur Jaksa Penuntut Umum (JPU), Uwais Daffa.

Uwais menegaskan bahwa ketiganya dianggap tidak memiliki Standard Operational Procedure (SOP). Mereka juga dinyatakan tidak memiliki perawatan berkala.

”Bahwa perbuatan para terdakwa tidak sesuai dengan pasal 87 UU Nomor 13 Tahun 2003. Perbuatan para terdakwa tersebut sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 8 ayat (1) huruf a juncto pasal 62 ayat (1) UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” tegas dia.

Atas apa yang dikatakan JPU itu, ketiga terdakwa pun mengaku telah memahami dakwaan yang dilayangkan. Ketiga terdakwa pun bakal mengajukan eksepsi atau materi pembelaan pada sidang selanjutnya.

”Saya paham yang mulia (surat dakwaan), saya menganggap itu tidak benar, pekan depan akan mengajukan eksepsi,” tutur salah satu terdakwa Paul.

Sidang tersebut bakal dilanjutkan pada Senin (12/12) mendatang. Agenda utamanya adalah pembacaan eksepsi.

Ketua Majelis Hakim PN Surabaya Taufan Mandala mengingatkan agar ketiga terdakwa tidak mangkir dari proses persidangan. Mengingat saat ini mereka tidak menjalani masa penahanan, lantaran bersikap kooperatif.

”Saya ingatkan kepada saudara agar tidak sekalipun mangkir dari sidang, sebab saudara tidak menjalani penahanan. Sekali saja mangkir akan langsung ditahan, ingat dakwaannya ini lima tahun (penjara),” tegas Taufan.

Terimakasih sudah membaca artikel Sidang Seluncuran Ambrol, Tiga Terdakwa Didakwa UU Konsumen Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.