Wajib Tahu! Begini Cara Periksa Keaslian Aplikasi di Smartphone

Artikel Wajib Tahu! Begini Cara Periksa Keaslian Aplikasi di Smartphone di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Cara memeriksa keaslian aplikasi (foto: Unsplash)

JAKARTA - Android adalah sistem operasi yang hebat, namun seperti semua hal dalam hidup, Android juga memiliki masalah. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi pengguna Android adalah tersebarnya aplikasi palsu di play store. 

Peneliti keamanan Meta menemukan lebih dari 400 aplikasi Android dan iOS berbahaya tahun ini yang dirancang untuk mencuri informasi login Facebook dan membahayakan akun pengguna. 

Aplikasi palsu ini dirancang agar terlihat seperti aslinya, tetapi sebenarnya itu adalah malware yang dapat mencuri data Anda atau bahkan merusak ponsel Anda. Untungnya, Google membagikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menemukan aplikasi Android palsu dan menghindari mengunduhnya ke perangkat Anda.

Bagaimana Cara Menemukan Aplikasi Android Palsu?

Aplikasi Memiliki Ulasan Buruk

Saat mencari aplikasi di Google Play Store, perhatikan ulasan dan peringkatnya. Jika sebagian besar aplikasi memiliki ulasan negatif, itu mungkin aplikasi palsu. Jangan lupa lihat ulasan di bagian bawah aplikasi untuk melihat performa aplikasi.

Aplikasi Memiliki Ikon Generik

Aplikasi palsu biasanya seringkali memiliki ikon yang sedikit berbeda dari aplikasi aslinya. Jika ikon terlihat terburu-buru atau tidak cocok dengan aplikasi lainnya, mungkin aplikasi tersebut tidak sah.

Aplikasi Memiliki Kesalahan ketik atau Kesalahan Tata Bahasa

Pengembang aplikasi asli biasanya sangat hati-hati dalam memberikan deskripsi. Jadi, sebaiknya Anda perhatikan bahasa yang digunakan. Jika ada banyak kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa, kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak lengkap.

Periksa Nama Pengembang

Pencarian Google cepat akan mengungkapkan apakah pengembang memiliki reputasi yang baik. Jadi, jika Anda ragu dengan aplikasi tersebut sebaiknya pastikan nama pengembang aplikasi terlebih dahulu. 

Periksa Jumlah Unduhan

Jika aplikasi sudah diunduh jutaan kali, dapat dipastikan aplikasi tersebut sah dan asli. Namun, jika jumlah unduhannya sangat rendah, hal itu bisa menimbulkan kecurigaan.

Periksa Izin Aplikasi

Ketika mengunduh aplikasi, Anda akan diminta untuk memberinya izin untuk mengakses berbagai bagian ponsel Anda. Hati-hati dengan aplikasi apa pun yang meminta lebih banyak izin daripada yang diperlukan. 

Terimakasih sudah membaca artikel Wajib Tahu! Begini Cara Periksa Keaslian Aplikasi di Smartphone Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.