Empat Warga Bulgaria Dituduh Terlibat Penipuan Pajak dan Pencucian Uang Terkait Nexo

Artikel Empat Warga Bulgaria Dituduh Terlibat Penipuan Pajak dan Pencucian Uang Terkait Nexo di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Nexo, membantah melakukan kesalahan pencucian uang. (foto: twitter @nexo)

JAKARTA - Empat orang Bulgaria telah didakwa berpartisipasi dalam kelompok kejahatan terorganisir  di negara itu, yang dibentuk untuk mencuci uang dan melakukan penipuan pajak dan komputer. Hal ini diungkapkan oleh penyelidik dan jaksa penuntut yang menyelidiki pemberi pinjaman kripto,  Nexo pada Jumat, 13 Januari.

Jaksa pada  Kamis 12 Januari mengatakan mereka telah meluncurkan penyelidikan atas dugaan kegiatan ilegal yang dilakukan oleh Nexo, serta melakukan penggerebekan di kantor pemberi pinjaman dan 14 lokasi lainnya di ibu kota Sofia.

"Ini adalah penyelidikan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Borislav Sarafov, kepala Layanan Investigasi Nasional Bulgaria kepada wartawan. Ia juga mengatakan Bulgaria akan memimpin penyelidikan yang dimulai beberapa bulan lalu dengan berkoordinasi dengan AS, Inggris, dan mitra lainnya.

Penyelidik mengatakan mereka memeriksa lebih dari 4 juta transaksi kripto di platform Nexo dan menemukan beberapa dibuat melanggar sanksi UE dan AS terhadap Rusia, sementara yang lain melibatkan seseorang yang selama ini dikenal mendanai aktivitas "teroris".

Pemberi pinjaman Crypto, Nexo, membantah melakukan kesalahan itu saat dihubungi Reuters.

"Ada serangkaian tuduhan, yang semuanya dibantah dengan keras oleh Nexo karena platform tersebut menggunakan standar setinggi mungkin sehubungan dengan praktik kenali pelanggan Anda dan anti pencucian uang untuk memastikan keamanan pelanggan dan perusahaan kami juga," katanya dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Perusahaan mengatakan itu adalah target kampanye bermotiv  politik menjelang pemilu awal di Bulgaria. Dikatakan bahwa sistemnya aktif dan berjalan saat ini, dan semuanya sedang diproses secara real time.

Lebih dari 20 orang telah diinterogasi sejauh ini dan audit keuangan internasional Nexo akan dilakukan, sementara jaksa mengatakan penyelidikan kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan.

Para pejabat mengatakan dua dari tersangka telah ditahan dan jaksa penuntut akan meminta jaminan masing-masing sebesar 1 juta levs (Rp8,3 miliar), sementara surat perintah penggeledahan telah dikeluarkan untuk dua lainnya.

Menurut para pejabat Bulgaria, keempat tersangka telah beroperasi di Inggris, Swiss, Bulgaria, dan Kepulauan Cayman sejak 2018.

Menurut kantor kejaksaan Bulgaria, sekitar 300 penyelidik, petugas polisi dan petugas keamanan terlibat dalam operasi pada hari Kamis, yang merupakan bagian dari penyelidikan "bertujuan untuk menetralisir kegiatan kriminal ilegal" Nexo.

Jaksa pada  Jumat lalu mengatakan terdakwa memiliki properti mewah di Dubai dan Bahama, termasuk yacht. Sekitar 35 karya seni, termasuk karya pelukis Salvador Dali, Henri Matisse dan Pablo Picasso, telah disita dari salah satu tersangka, kata penyelidik.

Menurut jaksa Bulgaria, transaksi kripto senilai  94 miliar dolar AS dilakukan melalui platform Nexo dalam lima tahun terakhir.

Penyelidik mengatakan mereka telah mendeteksi sejumlah transaksi di Nexo dari orang dan perusahaan yang dikenai sanksi Uni Eropa dan AS terhadap Rusia, serta sanksi PBB lainnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pemberi pinjaman kripto bertindak seperti bank untuk dunia kripto, yang menawarkan pelanggan minat pada cryptocurrency yang mereka setorkan ke platform.

Anggota parlemen di seluruh dunia telah meningkatkan seruan untuk regulasi perusahaan crypto setelah runtuhnya bursa utama, FTX, tahun lalu.

Nexo pada  Desember lalu mengatakan akan menghapus produk dan layanan di AS selama beberapa bulan mendatang karena bentrok dengan regulator.

Terimakasih sudah membaca artikel Empat Warga Bulgaria Dituduh Terlibat Penipuan Pajak dan Pencucian Uang Terkait Nexo Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.