Lokasi Dermaga Wisata di IKN Akhirnya Dipilih, Tapi Khusus Bandara VVIP Masih Pikir-pikir

Artikel Lokasi Dermaga Wisata di IKN Akhirnya Dipilih, Tapi Khusus Bandara VVIP Masih Pikir-pikir di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Foto via Antara

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Hari ini, kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo. Ada tiga alternatif lokasi. Tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya, yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 kilometer dari IKN," ujar Menhub dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat 20 Januari.

Kunjungan kerja Menhub ke IKN merupakan bagian dari langkah Kemenhub menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN yang menjadi salah satu program prioritas pada 2023.

Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

Menhub mengungkapkan dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan bakal memudahkan aksesibilitas dua daerah tersebut.

"Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan," ucap dia.

Selain meninjau lokasi bakal dermaga wisata, Menhub juga meninjau lokasi bakal bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

"Kami melakukan 'overview' dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU," katanya.

Selain itu, kata dia, Kemenhub juga tengah berkoordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif lokasi yang diajukan.

"Untuk dermaga wisata telah kami tentukan titiknya, selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya," tuturnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Lokasi Dermaga Wisata di IKN Akhirnya Dipilih, Tapi Khusus Bandara VVIP Masih Pikir-pikir Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.