Naikkan Angka Pengelolaan Limbah Cair di Banjarmasin, DPRD Sarankan Perumda PALD Jadikan Resto Konsumen

Artikel Naikkan Angka Pengelolaan Limbah Cair di Banjarmasin, DPRD Sarankan Perumda PALD Jadikan Resto Konsumen di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi limbah cair dibuang ke laut. (Antara)

KALSEL - Kesadaran warga Kota Banjarmasinuntuk pengelolaan limbah, khususnya limbah cair dari rumah tangga dinilai masih rendah.

Penilaian itu berdasarkan data Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) Kota Banjarmasin tercatat masih berada di angka 4,45 persen hingga akhir 2022. "Ini kalau kita hitung dari pelanggan PT Air Minum Bandarmasih, Kota Banjarmasin yang mencapai 180 ribu rumah tangga," ujar Direktur Perumda PALD Kota Banjarmasin Endang Waryono di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis 12 Januari, disitat Antara. Meskipun pihaknya sudah begitu gencar melakukan sosialisasi, namun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola air limbah rumah tangga belum maksimal."Sehingga, perencanaan kita dari 2023 hingga 2026 itu antara 0,5 persen atau 0,6 persen sekitar 600 penambahan pelanggan," ujarnya.Menurut Endang, Perumda PALD terus berupaya menambah jaringan perpipaan sambungan ke rumah warga, selain sistem septic tank."Namun tentunya tidak bisa dilakukan besar-besaran, sebab modal sangat minim," ujarnya.

Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Awan Subarkah mengatakan Perumda PALD Kota Banjarmasin dapat meningkatkan kedisiplinan angka pengelolaan limbah cair terutama bagi pelaku usaha di Banjarmasin dengan memberlakukan aturan tertentu.

Hal itu diampaikan Awan ketika kunjungan kerja bersama anggota dewan lainnya dan rapat evaluasi dengan Perumda PALD Kota Banjarmasin pada Kamis 12 Januari."Makanya tadi saat rapat kita sampai masukan-masukan untuk Perumda PALD, termasuk menerapkan aturan bagi tempat usaha, rumah makan, perhitungan dan lainnya wajib jadi pelanggan," tuturnya.

Awan juga meminta agar Pemerintah Kota Banjarmasin memberikan perhatian serius bagi operasional Perumda PALD. Upaya ini, kata dia, dapat memaksimalkan operasional Awan dalam menangani limbah untuk kelestarian lingkungan hidup di daerah ini."Kami juga meminta Perumda PALD juga terus berinovasi memaksimalkan pelayanan, menarik pelanggan, hingga bisa menjadi perusahaan yang sehat," tandasnya.

 

Terimakasih sudah membaca artikel Naikkan Angka Pengelolaan Limbah Cair di Banjarmasin, DPRD Sarankan Perumda PALD Jadikan Resto Konsumen Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.