Sistem NOTAM FAA Padam Berakibat Ratusan Penerbangan di Seluruh AS Tertunda

Artikel Sistem NOTAM FAA Padam Berakibat Ratusan Penerbangan di Seluruh AS Tertunda di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Sistem NOTAM FAA yang rusak tunda penerbangan. (foto: dok. pixabay)

JAKARTA - Sistem Administrasi Penerbangan Federal (FAA) yang kritis mengalami kesalahan dalam semalam, yang berakibat menghentikan penerbangan di seluruh AS. FAA memposting pemberitahuan penasehat pada Rabu pagi, 11 Januari  yang mencatat bahwa sistem NOTAM (Notice to Air Missions) Amerika Serikat "gagal" tetapi mengatakan tepat sebelum pukul 09:00 ET bahwa "operasi lalu lintas udara normal dilanjutkan secara bertahap."

Menurut Reuters, NOTAM adalah sistem penting yang membuat pilot dan personel penerbangan lainnya mengetahui status bandara di seluruh negeri. Sistem ini dapat menawarkan informasi tentang penutupan landasan pacu, bahaya adanya burung, dan hambatan lainnya.

Pada pukul 07:19 ET, agensi tersebut mengatakan telah "memerintahkan maskapai penerbangan untuk menghentikan sementara semua keberangkatan domestik" hingga pukul 09:00 ET untuk memberikan waktu guna "memvalidasi integritas informasi penerbangan dan keselamatan".

Setidaknya satu maskapai penerbangan, United Airlines, mengeluarkan pemberitahuan sebelum arahan FAA yang mengatakan bahwa mereka telah menghentikan semua penerbangannya.

Pada pukul 8:15 ET, FAA mengatakan keberangkatan dari beberapa bandara dilanjutkan setelah “membuat kemajuan dalam memulihkan sistem Notice to Air Missions setelah adanya pemadaman (down) semalam.”

Sebuah tweet pada pukul 08:50 ET mengonfirmasi pemulihan tersebut dan mengatakan bahwa ground stop telah dicabut.

“FAA sedang bekerja untuk memulihkan Sistem Pemberitahuan ke Misi Udara,” kata FAA dalam pernyataan sebelumnya, yang juga dikutip The Verge. “Kami sedang melakukan pemeriksaan validasi akhir dan mengisi ulang sistem sekarang. Operasi di seluruh Sistem Ruang Udara Nasional terpengaruh.”

Pernyataan lain dari sekretaris pers Gedung Putih mengatakan, "Tidak ada bukti serangan dunia maya pada saat ini," tetapi FAA masih menyelidiki penyebab masalah tersebut.

Pada satu titik, pelacak penerbangan FlightAware melaporkan lebih dari 1.000 penerbangan tertunda dan 100 dibatalkan di AS.

Benar saja, muncul laporan di Twitter tentang penerbangan yang tertunda karena pemadaman. Mantan Kepala Ilmuwan Data AS DJ Patel tweeted bahwa dia "terdampar" karena pemadaman nasional pada pukul 4 pagi ET. Pengguna lain men-tweet dari bandara Charles de Gaulle Paris untuk mengatakan bahwa mereka telah diberi tahu bahwa saat ini tidak ada penerbangan menuju AS.

Terimakasih sudah membaca artikel Sistem NOTAM FAA Padam Berakibat Ratusan Penerbangan di Seluruh AS Tertunda Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.