Ternyata Begini Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Aman dan Efektif

Artikel Ternyata Begini Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Aman dan Efektif di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi keyboard laptop (foto: dozemode/Pixabay)

YOGYAKARTA – Cara membersihkan keyboard laptop yang aman wajib diperhatikan supaya peforma laptop Anda tidak menurun akibat debu, remah-remah, dan bulu hewan yang menempel di celah-celah keyboard.

Pada artikel kali ini, VOI akan membahas cara paling aman dan efektif untuk membersihkan keyboard laptop.

Bahan-Bahan untuk Membersihkan Keyboard Laptop

Bahan-bahan yang harus Anda persiapkan sebelum membersihkan keyboard laptop yakni:

  • Kain microfiber
  • Kuas cat lembut
  • Kapas
  • Alkohol
  • Semprotan angin/air duster

Semua bahan ini aman digunakan untuk membersihkan keyboard laptop. Jika Anda tidak memiliki alkohol, Anda bisa menggunakan tisu basah. Akan tetapi, pastikan untuk menghindari tisu atau produk lain yang mengandung pemutih, karena dapat merusak lapisan tombol.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Aman

Dikutip dari Wikihow, Jumat 6 Januari 2023, membersihkan kotoran dari keyboard Anda sangatlah mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Matikan dan Cabut Daya yang Terpasang pada Laptop Sebelum Membersihkan Keyboard

Meskipun Anda tidak akan memasukkan cairan langsung ke laptop Anda, Anda harus mematikan daya sepenuhnya untuk memastikan tidak ada yang rusak akibat cairan yang digunakan untuk membersihkan laptop. Matikan laptop melalui menu Power Options, lalu cabut pengisi daya yang terpasang pada laptop.

2. Miringkan Laptop da Goyangkan dengan Lembut

Langkah ini bertujuan untuk mengeluaarkan debu, remah-remah atau kotoran lain yang bersembunyi di celah keyboard. Untuk mempermudah pembersihan, sebaiknya lakukan prosedur ini di atas handuk atau tempat sampah.

3. Gunakan Semprotan Angin untuk Menghilangkan Debu

Semprotan angin atau air duster dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam peralatan elektronik yang tidak dapat dibersihkan dengan air. Alat ini menyemprotkan angin dengan kencang dan membersihkan debu pada tempat yang sulit dijangkau.

Pastikan sedotan sudah terpasang pada kaleng berisi udara bertekanan sebelum Anda menggunakannya. Miringkan keyboard ke satu sisi dan semprotkan di antara tombol dalam waktu singkat, berpindah dari satu sisi keyboard ke sisi lainnya. Kekuatan udara akan mengeluarkan puing-puing yang terperangkap di bawah tombol.

Catatan:

  • Anda dapat membeli semprotan angin di toko perlengkapan rumah atau kantor.
  • Jangan pernah menyemprotkan udara terkompresi saat Anda memegang kaleng secara terbalik, karena hal ini dapat menyebabkan propelan masuk ke keyboard dan merusak komponen yang ada di dalamnya.
  • Jika masih ada debu yang tertinggal, Anda dapat membersihkannya dengan kuas cat berbulu lembut.

4. Bersihkan Keyboard Laptop dengan Kain Microfiber yang Sudah Dibasahi Alkohol

Ilustrasi membersihkan keyboard laptop
Ilustrasi membersihkan keyboard laptop (IST)

 

Gunakan kain microfiber yang sudah dibasahi dengan alkohol dan seka setiap tombol dengan hati-hati.

Kain microfiber sangat bagus dalam menarik debu, jadi sapuan cepat pada tombol dapat membantu menghilangkan beberapa kotoran yang menumpuk di keyboard Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapas yang diberi sedikit alkohol untuk menghilangkan kotoran pada bagian yang sulit dijangkau.

Alkohol dapat menguap dengan cepat sehingga aman digunakan untuk membersihkan laptop. Selain itu, alkohol sangat bagus untuk menghilangkan residu berminyak yang ditinggalkan oleh jari-jari Anda. Pastikan untuk selalu mengoleskan alkohol ke bola kapas terlebih dahulu, dan jangan pernah menuangkannya langsung ke keyboard.

Demikian informasi tentang cara membersihkan keyboard laptop yang aman dan efektif. Semoga bermanfaat!

Terimakasih sudah membaca artikel Ternyata Begini Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Aman dan Efektif Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.